Asuransi Unit Link VS Asuransi Murni

Asuransi Unit Link VS Asuransi Murni. Sebenarnya asuransi unit link apakah lebih unggul daripada asuransi murni. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya,  Kami akan informasikan dan memberikan contoh kelebihan dan kekurangan asuransi unit link dan asuransi murni.

Asuransi Unit Link VS Asuransi Murni

Pengertian Asuransi Unit Link

Asuransi unit link adalah penggabungan produk Asuransi dan investasi, Penting untuk anda ketahui bahwa asuransi adalah biaya Uang kecil tukar uang besar, tentunya yang namanya biaya artinya Wajib dibayar dan tidak ada pengembalian. Sementara investasi pada unit link memiliki kesamaan seperti reksadana, ada pengembangan atau juga penurunan tergantung fund yang diambil.

2 Jenis Bentuk Asuransi Unit Link Allianz, yaitu

  1. Asuransi unit link konvensional
  2. Asuransi unit link syariah

Perbedaan yang mendasar asuransi konvensional dengan Asuransi Syariah terletak pada : transaksi, mekanisme, pengelolaan dana dan investasi.

Premi mortalita pada asuransi konvensional berubah menjadi premi tabarru pada asuransi syariah.

Asuransi Unit Link Konvenional

Biasanya asuransi unit link konvensional, sistem pengelolaan dananya dilakukan oleh perusahaan, kosan bebas menginvestasikan dananya di mana saja tanpa mengindahkan halal haramnya objek investasi. Dana investasi pada unit link dialokasikan dalam bentuk deposito, saham, obligasi, reksadana maupun instrumen keuangan lainnya sesudah dengan perundang undangan yang berlaku.

Asuransi Unit Link Syariah

Investasi pada asuransi unit link SyariahDikembangka pada tempat yang diperkenankan dari Islam yang hasilnya dibagi kepada peserta secara proporsional dan Takaful sebagai pengelola investasi Syariah.

Rahasia Asuransi Unit Link

Pada dasarnya prinsip atau rahasia asuransi unit link konvensional juga berlaku pada asuransi unit link syariah, Antara lain :

1. Prinsip insurable interest, Merupakan hubungan kepentingan antara peserta dengan objek pertanggungan atau pihak yang dipertanggungkan.

Nasabah dianggap memiliki kepentingan yang insurable jika mengalami resiko musibah.

Contohnya pemilik rumah dengan rumahnya. Jika diketahui ternyata tanggung tidak mempunyai kepentingan maka ia tidak berhak memperoleh santunan klaim atau ganti rugi.

2. Prinsip indemnity, merupakan kompensasi keuangan yang cukup untuk mengembalikan tertanggung pada posisi keuangan sesaat sebelum mengalami resiko kerugian.

Dengan prinsip ini tertanggung tidak mungkin mendapat keuntungan dari perusahaan asuransi atau penanggung keperluan ini sangat disarankan.

Harga pertanggungan yang digunakan sama dengan harga pasar hal ini memiliki kegunaan menghindari asuransi dibawah harga atau Anda insurance ataupun asuransi di atas harga yaitu over insurance.

3. Prinsip subrogation, Merupakan hak seseorang yang telah membayar ganti kerugian kepada orang lain karena kewajiban hukumnya apabila perusahaan asuransi penanggung telah memberi santunan ganti rugi kepada tertanggung.

Padahal dalam peristiwa kejadian yang mengakibatkan kerugian tersebut tertanggung tidak merasa bersalah maka hak menuntut kepada pihak yang bertanggung jawab atau yang bersalah atau pihak ketiga beralih kepada penanggung.

4. Prinsip proximate cause merupakan suatu penyebab aktif efisien yang membentuk suatu rangkaian kegiatan atau kejadian yang menimbulkan sebab akibat.

Apabila kepentingan yang diasuransikan mengalami musibah atau kecelakaan maka pertama perusahaan asuransi penanggung akan mencari tahu sebab-sebab yang aktif atau efisien yang menggerakkan suatu rangkaian peristiwa tanpa terputus, sehingga pada akhirnya terjadilah musibah atau kecelakaan tersebut prinsip yang digunakan untuk mencari penyebab kerugian yang aktif atau efisien adalah Unbroken chain Of Events.

Unbroken chain Of Events Adalah suatu rangkaian mata rantai peristiwa yang tidak terputus. Paling mudah untuk menggambarkan Unbroken chain Of Events adalah resiko kecelakaan.

Melalui proximate cause dapat diketahui Apakah penyebab terjadi kecelakaan tersebut dijamin dalam kondisi polis asuransi atau tidak.

Penjelasan Manfaat Asuransi Unit Link

Pentingnya memahami penjelasana asuransi unit link, pada dasarnya polis asuransi unit link digunakan untuk membiayai asuransi di kemudian hari, sehingga di kemudian hari atau masa depan anda tetap tercover asuransi meskipun anda sedang tidak membayar premi.

perusahaan asuransi jiwa unit link melakukan dan mengelola investasi setelah anda melakukan pembayaran premi, premi telah dipotong kewajiban nasabah, seperti : biaya akuisisi, biaya asuransi dan biaya administrasi

Namun investasi unit link juga dapat Anda tarik untuk keperluan Dana darurat, Tergantung Bagaimana anda Mengalokasikan premi yang anda bayar setiap tahunnya.

Ketika anda sudah memutuskan membayar premi asuransi maka premi asuransi akan terbagi menjadi dua Alokasi yaitu :

1. Alokasi untuk membeli asuransi, Dimana semakin besar alokasi anda untuk membeli asuransi tentu biaya asuransi akan semakin besar yang harus anda bayarkan setiap tahunnya.

2. Alokasi untuk investasi, Jika anda hanya membayar premi asuransi tanpa melakukan top-up maka alokasi investasi pada premi asuransi yang anda bayarkan setiap tahunnya digunakan untuk membiayai asuransi di kemudian hari Jika anda tetap ingin memiliki Manfaat asuransi namun tidak lagi membayar premi asuransi.

Apa Itu Top Up Berkala Pada Asuransi Unit Link?

Jika anda ingin memiliki manfaat investasi di kemudian hari, Penting sekali anda melakukan top up Berkala diluar premi asuransi yang anda bayarkan.

Top-up berkala adalah sejumlah ah dana yang anda bayarkan kepada perusahaan asuransi bersamaan dengan pembayaran premi asuransi yang dilakukan secara terus menerus dengan jumlah yang tetap, hanya dikhususkan untuk Anda yang memiliki tujuan untuk menambahkan manfaat investasi di kemudian hari.

Adapun tujuan nasabah asuransi melakukan top-up berkala Seperti : untuk keperluan darurat, Dana pensiun, dana pendidikan anak dan lain-lain yang tujuan sifatnya jangka panjang.

Top-up berkala tidak diwajibkan oleh perusahaan asuransi, namun penting untuk anda ketahui jika anda tidak melakukan top-up berkala maka investasi pada premi asuransi tujuan utama adalah untuk membiayai asuransi di kemudian hari namun jika anda di kemudian hari ingin mengambil investasi dari premi asuransi tetap dapat dilakukan, namun anda sudah tidak memiliki cadangan untuk membayar biaya asuransi di kemudian hari

Keuntungan Dan Kelemahan Unit Link

Tentunya dimanapun tidak ada produk dewa yang banyak untung dan lebihnya, semua produk di dunia ini tidak hanya asuransi ada kekurangannya. Namun, kekurangan dan kelebihan pada asuransi unit link sepenuhnya ada pada keputusan nasabah. Berikut dibawah ini keuntungan dan kelemahannya :

Keuntungan Unit link :

  1. Jika terlambat membayar premi pada tahun tertentu, polis tidak lapse
  2. Bisa cuti premi, jika di Allianz mulai tahun ke 3
  3. Premi bisa di rancang flat, sudah termasuk asumsi cadangan untuk membayar biaya asuransi dikemudian hari
  4. Produk asuransi sudah dijadikan paket, sehingga nasabah hanya membayar biaya administrasi hanya satu kali
  5. Ada fitur produk pembebasan premi
  6. Perpanjangan otomatis

Kelemahan Unit Link :

  1. Jika hanya membayar premi, tanpa top up reguler. Maka, saldo tabungan hanya khusus untuk membayar kebutuhan biaya asuransi dikemudian hari
  2. Sedikit mahal, karena premi unit link dirancang untuk menyiapkan cadangan biaya asuransi dimasa depan dalam bentuk saldo nilai tunai
  3. Salah satu kelemahannya, calon nasabah tidak menjelaskan detail maksud dan tujuan membeli asuransi, sehingga agen asuransi membuat proposal tidak sesuai dengan harapan nasabah
  4. Calon nasabah membeli asuransi unit link dari agen asuransi yang tidak mengerti cara kerja unit link, sehingga fatalnya nasabah akan salah mengerti di kemudian hari

Harga Asuransi Unit Link Pada Perusahaan Asuransi

Untuk mengetahui harga unit link pada perusahaan asuransi, anda terlebih dahulu harus mengetahui fund apa yang ingin anda beli, biasanya anda bisa mengetahui semua harga unit link perusahaan asuransi di bloomberg.

Bloomberg adalah perusahaan media massa yang didirikan di amerika serikat pada tahun 1981 oleh Michael Bloomberg, websitenya adalah http://Bloomberg.com. Bloomberg itu sendiri adalah sebuah layanan informasi financial keuangan kepada perusahaan perusahaan di Wall Street.

Harga Unit Link Sun Life

Anda dapat akses harga unit link Sun Life lewat website resminya https://www.sunlife.co.id/id/investment/daily-unit-link-price/ atau lewat bloomberg, contoh kode Brilliance Aggressive SLFBRAG:IJ anda dapat akses di https://www.bloomberg.com/quote/SLFBRAG:IJ

Harga Unit Link Prudential

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

x