Nilai Ekonomis Terhadap Uang Pertanggungan

Nilai Ekonomis – Apakah anda sudah tahu bagaimana cara menghitung nilai ekonomis? Sehingga kita bisa menghitung berapa besar uang pertanggungan asuransi. Nilai Ekonomis adalah nilai yang dimiliki seseorang sebagai suatu ukuran masa produktifitas seseorang sampai habisnya masa produktifitas seseorang.

Nah, lewat nilai inilah, sesungguhnya seseorang membutuhkan asuransi jiwa atau asuransi sakit kritis. Anda sudah tahu bukan apa syarat seseorang memiliki asuransi jiwa?

Yes, syarat utamanya harus memiliki penghasilan.

Nama Lengkap
Alamat Email
HP
Apa Yang Anda Ingin Cari?
Kota/Daerah

Powered by : Cafe Bisnis Online

Dari sini kita sudah tahu, itu berarti seseorang memiliki nilai ekonomis. Nah, nilai ekonomis inilah yang harus kita lindungi. Sebelum kita membeli asuransi jiwa, sebaiknya kita menghitung dulu nilai ekonomis kita. Sehingga kita tahu betul berapa besar uang pertanggungan yang seharusnya kita miliki.

Karena nilai ekonomis ini nantinya akan jadi nilai uang pertanggungan dalam asuransi jiwa kita. Sebab, jika sampai resiko kehidupan terjadi pada seseorang yang masih produktifitas, dalam hal ini memiliki nilai ekonomis, maka uang pertanggungan asuransi lah yang akan membantu atau menggantikan fungsi dari nilai seseorang. Jadi dari mana kita bisa tahu nilai kita?

Kita hanya perlu memiliki beberapa data untuk menghitung nilai ekonomis seseorang. Caranya mudah sekali, coba kita hitung berapa penghasilan kita? berapa biaya bulanan rumah kita? berapa tanggungan rumah tangga kita?

Asuransi Kesehatan Allianz

Misalnya pendapatan anda 3.500.000 per bulan.

Terus misalnya pengeluaran kita sebesar 2.500.000.

Dan juga misalnya kita sudah menikah dan punya seorang anak umur tiga tahun.

Ada 3 metode Menghitung Nilai Ekonomis

nilai ekonomis

Metode Pertama adalah metode human life value berdasarkan Penghasilan.

Jadi dalam contoh kita, anak umur 3, selesai pendidikan S-1 umur 23, jadi ada masa proteksi selama 20 tahun. Maka nilai ekonomis atau uang pertanggungan sebesar 20 X 12 X 3,5 Juta sebesar 840 juta rupiah.

asuransi sakit kritis Allianz premiasuransiku.com

Metode Kedua adalah metode human life value berdasarkan pengeluaran.

Anak umur 3, selesai kuliah umur 23, masa proteksi jiwa selama 20 tahun. Maka nilai ekonomis atau uang pertanggungan adalah 20 X 12 X 2,5 juta, jadi sebesar 600 juta rupiah.

Metode Ketiga adalah metode Income based value.

Jika bunga deposito saat ini 7% sebelum dipotong bunga 20%. Maka nilai ekonomis kita adalah 3,5 juta dibagi 7% kali 0,8 dibagi 12 sama dengan 750 juta.

Jadi uang pertanggungan kita berkisar antara 600 sampai 840 juta. Anda tinggal menghitung saja, berapa banyak anak anda, lalu dikalikan dengan uang pertanggungan yang sudah anda hitung diatas. Mudah bukan?

asuransi sakit kritis Allianz premiasuransiku.com

Dan anda juga harus tahu betul, polis asuransi yang anda beli untuk peruntukkan apa? Misalnya : Polis asuransi jiwa buku pertama : diperuntukkan untuk pendidikan anak, peruntukkan untuk asuransi kesehatan dan sebagainya.

Apa Itu Asuransi Jiwa Pada Unit Link?

Seorang agen asuransi mungkin bertanya seperti ini. “Pak, Bu untuk asuransi jiwanya apa mau sekalian ambil ridernya?”

Ya biar lengkap proteksinya.

Apa yang dimaksud agen tersebut dengan rider? Rider dikenal sebagai asuransi tambahan dan asuransi tambahan ini baru bisa dimiliki jika asuransi dasarnya sudah kita beli.

Desain dari asuransi ini sudah disesuaikan dengan beban finansial yang mungkin timbul dari dan mempengaruhi keadaan tertanggung dan keluarga secara signifikan.

Beberapa macam rider.

Rider adalah asuransi tambahan yang biasanya ditambahkan pada asuransi dasar atau asuransi jiwa. Rider sifatnya tidak wajib. Jika nasabah merasa tidak perlu, maka tidak perlu ditambahkan ke polis asuransinya, sehingga akan mengurangi biaya asuransi ke depannya nanti.

Yang Pertama adalah kesehatan

yaitu untuk keperluan : penggantian biaya rumah sakit yang disebabkan oleh penyakit atau kecelakaan.

Yang kedua adalah Accidental Death and Disability Benefit (ADDB).

Ini adalah proteksi tambahan untuk cacat tetap dan meninggal karena kecelakaan.

Yang Ketiga adalah Payor Benefit (PB).

Dalam hal ini orang tua adalah pemegang polis dan anak sebagai pihak tertanggung. Jika orang tua mengalami ketidakmampuan seperti meninggal atau cacat total, maka pembayaran premi selanjutnya akan dibebaskan oleh perusahaan asuransi.

Yang Keempat adalah Total Permanent Disability (TPD).

Ini manfaat tambahan yang diberikan jika tertanggung mengalami cacat total, baik disebabkan oleh sakit ataupun kecelakaan.

Yang kelima adalah critical illness

proteksi terhadap penyakit kritis. Memiliki semua rider ini tidak gratis karena ada premi yang harus kita bayar.

Sebelum mengambil rider, cobalah teliti terlebih dahulu manfaat apa yang ditawarkan di dalam rider ini. Dan yang paling penting adalah apakah kita benar-benar membutuhkan manfaat dari rider tersebut. Demikian manfaat asuransi menjadi penting karena dapat melindungi nilai ekonomis seseorang.

 15 total views,  3 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *