fbpx

5 Metode Canvassing

Metode Canvassing. Jika anda ingin perbesar kapasitas prospek, salah satu metod yang sering dilakukan para sales marketing adalah canvassing, jika anda sering bertemu orang orang menyebarkan brousur atau mendatangi anda menawarkan sebuah produk atau jasa, itu adalah metode canvassing.

Tapi di website ini, kami akan paparkan secara lengkap metode yang telah terbukti berhasil membesarkan omset dan menaikkan penghasilan seorang agen asuransi, lewat canvassing. Tidak ada yang akan kami tutupi, kami akan berikan caranya secara Gratis untuk anda.

canvassing adalah

Pengertian Metode Canvassing

Canvassing Marketing adalah memperkenalkan produk asuransi kepada orang yang sama sekali tidak kita kenal. Agen asuransi langsung bertemu dengan calon pelanggan (door to door) atau menawarkan di tempat umum, seperti : mall, salon, pasar, rumah sakit, bioskop dimanapun.

Canvassing door to door adalah menawarkan produk asuransi dari satu rumah ke rumah lain atau toko ke toko lainnya.

Menjual asuransi dengan Canvassing sudah bukan hal biasa lagi. karena seperti kita ketahui di dunia asuransi, semakin banyak kita bertemu dengan orang, akan membuat kita semakin sukses! Sehingga anda bisa mendapatkan banyak Premi Asuransi dan omset anda akan naik.

Anda Ingat Bukan Dengan Prinsip Coca Cola ?

dimana pun, kapan pun, dengan siapa pun!

Pada dasarnya dalam marketing sebuah produk, dikenal dengan namanya probabilitas atau hukum rata rata atau permainan angka.

contoh : agen asuransi menawarkan ke 5 orang, maka 1 orang yang berminat membeli produk asuransi. artinya : jika agen asuransi tersebut menawarkan kepada 30 orang, probabilitasnya 6 orang yang akan beli produk asuransi.

Jadi, ketika anda melakukan proses kanvasing. Anda harus mengerti dengan betul bahwa anda sedang mencari mutiara dalam tumpukan kerang. Cara menemukannya sangat simple! satu persatu mutiara tersebut anda periksa.

Sales Canvassing

Sales Canvasing

Sales Canvassing ini wajib diterapkan oleh agen asuransi, apalagi agen asuransi yang memutuskan menjalankan bisnis asuransi secara penuh waktu. Pastinya memiliki waktu kosong yang sangat banyak bukan? Pastikan setiap waktu yang anda miliki berkualitas!

Agen Asuransi Wajib Menjual Asuransi Dengan Canvassing?

1. Menambah daftar nama.
2. Janji kedua (jika anda batal janji, tetap waktu anda tidak sia sia).
3. Mengasah kemampuan presentasi sebagai seorang agen asuransi.
4. Memberikan contoh kepada downline.
5. Mengasah kemampuan menangani keberatan nasabah
6. Memperbanyak hubungan pertemanan.
7. Dan sebagainya

Arti Canvassing

Proses menjual asuransi dengan Canvassing, tetap memiliki arti kesamaan seperti anda menjual/prospek orang yang anda kenal.

Hanya saja, Canvassing melewati proses “janji temu/appoitment” selebihnya sama seperti biasanya yaitu :

1. Pendekatan (approaching)
2. Pencarian fakta (fact finding)
3. Presentasi (sales idea)
4. Mengatasi keberatan prospek (handling objection)
5. Melakukan penutupan penjualan (close the sales)
6. Pelayanan purna jual (servicing)

Ketika Canvassing, seringkali dalam menjalankan proses hukum rata rata, agen asuransi sering lupa dengan tujuan awalnya. Sehingga membuat beberapa agen asuransi menjadi kecewa, mengeluh, down karena begitu banyaknya penolakan.

Analogi Strategi Sales Canvassing

Strategi Sales Canvassing

Seharusnya seorang agen asuransi sudah sangat menyadari sejak awal memutuskan bergabung di dunia asuransi. Bahwa asuransi adalah memberikan manfaat kepada orang banyak. Jadi, kalau sampai orang/prospek menolak kita? kenapa kita harus kecewa dan down?

Analogi prinsip strategi sales canvas seperti ini :

Anda sering bertemu dengan orang yang belum beruntung dipinggir jalan bukan?

Misalnya : pengemis, ketika anda memiliki lebih uang, anda hendak memberikan uang anda kepada pengemis tersebut. Namun, pengemis tersebut menolak pemberian anda. Masa anda down dan kecewa??

Seperti itulah analogi kita sebagai agen asuransi yang mau memberikan manfaat asuransi kepada orang/prospek diluar sana. Jadi, intinya anda harus belajar kendalikan pikiran anda, prinsipnya apa yang di pikirkan pastinya memberikan tanggapan untuk anda. Kalau anda berpikir yang kurang baik, maka tanggapannya akan menjadi kurang baik juga. Begitupula sebaliknya, sesederhana itu konsep berpikir.

5 Canvassing Tips / Cara Canvassing Ke Calon Klien Yang Benar

1. Bertemu Langsung Dengan Orang Yang Tidak Dikenal

Metode pemasaran ini merupakan metode face to face (tatap langsung) ataupun door to door dari pintu ke pintu, dimana setiap agen asuransi memberikan presentasi produk asuransi jiwa kepada calon nasabah secara langsung baik yang telah dikenal ataupun yang belum dikenal secara pribadi oleh setiap agen.

2. Prospek Melalui Referensi

Metode pemasaran melalui referensi ini yaitu metode pemasaran yang menggunakan nasabah atau non nasabah yang dijadikan mitra untuk mereferensikan produk asuransi jiwa kepada calon nasabah yang lain.

Biasanya ada imbalan atau fee yang diberikan kepada mitra tersebut apabila ada salah satu nasabah yang berasal dari referensinya.

3. Propek Melalui Presentasi Ke Instansi-Instansi

Metode pemasaran ini merupakan salah satu metode pemasaran yang terhitung paling efektif apabila dibandingkan dengan metode pemasaran yang lain.

Metode pemasaran ini yaitu dengan cara mendatangi sekelompok calon nasabah yang telah dikonfirmasi kesediaannya untuk mengikuti presentasi yang akan dilakukan oleh agen (biasanya dilakukkan oleh tingkat TSM).

Instansi-instansi yang sering kali dijadikan objek prospeksi diantaranya: yayasan atau lembaga-lembaga pendidikan, sekolah – sekolah negeri atau pun swasta, perusahaan tour and travel, yang notabene di dalam instansi tersebut kalangan masyarakat menengah lebih dominan dibandingkan dengan kalangan masyarakat yang lainnya.

4. Prospek Melalui Open Table

Bisanya dalam satu bulan atau atau beberapa pekan pihak perusahaan melakukan open table (pembukaan stand) pada tempat-tempat, acara serta event yang dianggap memiliki prospek potensial.

Alat ataupun sarana yang dijadikan media pemasaran oleh pihak perusahaan biasanya menggunakan brosur, pamflet, flyer, banner ataupun spanduk yang terpampang dan disebar di area atau pun acara tersebut.

Biasanya yang mendapat tugas melakukan prospeksi pada metode ini adalah FC (Financial Consultant)

5. Prospek Melalui Media Sosial Dan Media Cetak.

Metode pemasaran yang menggunakan media sosial yang dimiliki khusus oleh perusahaan ataupun media sosial yang dimiliki secara pribadi oleh setiap agennya.

Bentuk media sosial yang paling sering digunakan diantaranya: media sosial facebook, twitter, instagram, BBM, Whastapp, dan lain-lain.

Penerbitan brosur dan penyebarannya merupakan agenda rutin.

Tempat Untuk Pelatihan Canvassing

Anda harus mencari tempat yang tepat untuk melakukan Canvassing, Sehingga tujuan anda untuk mendapatkan daftar nama yang dapat diproses menjadi omset penjualan dapat segera tercapai. Contoh dibawah ini ciri ciri tempat yang tidak bagus untuk Tempat Canvas Sales Marketing Mobil adalah :

  • Tempat karaoke
  • Diskotik
  • Rumah duka Atau saat orang sedang berduka
  • Tempat-tempat yang tidak membuat anda Menghasilkan prospek